<data:blog.pageTitle/>

This Page

has moved to a new address:

https://medialiterasi.id

Sorry for the inconvenience…

Redirection provided by Blogger to WordPress Migration Service
Media Literasi: Menkominfo Rencanakan Peralihan Siaran TV Analog ke Digital

17 Nov 2021

Menkominfo Rencanakan Peralihan Siaran TV Analog ke Digital

Jakarta – Menteri Kominfo, Johnny Gerald Plate mengatakan Indonesia akan beralih ke siaran TV digital. Program Analog Switch Off (ASO) Jhonny G Plate memaparkan jadwal pelaksanaan ASO dalam rapat komisi I DPRRI, akan dimulai pada 30 April 2022. Selasa (16/11/2021)

Ada tiga tahapan pelaksaan ASO, tahap pertama akan dilaksanakan di 56 wilayah layanan siaran atau 166 Kabupaten/ Kota pada tanggal 30 April 2022. Tahap pertama ASO sudah siap secara infrastruktur multipleksing. Kemudian tahap ke 2  dan ke 3 ditargetkan infrastruktur harus 2 bulan sebelum jadwal ASO dilaksanakan. Pada tahapan yang ke dua akan dilakukan di  11 wilayah layanan siaran atau 110 Kabupaten/ Kota pada tanggal 25 Agustus 2022. Sedangkan tahap ke tiga direncanakan akan berlangsung di 25 wilayah layanan siaran atau 65 Kabupaten/Kota pada tanggal 2 November 2022.

Menteri Kominfo memaparkan tahapan pelaksanaan nya akan disesuaikan dengan kondisi dilapangan. Menurutnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk persiapan ASO tersebut. Pertama  adalah kesiapan infrastruktur digital atau infra struktur TV digital. Hal ini dilakukan oleh lembaga penyiaran, baik Publik, Swasta, Lokal dan Komunitas.

Jhonny mengatakan selain kesiapan peralatan atau perangkat digital juga mempersiapan sumberdaya manusia (SDM). Tahapan terakhir menyiapkan perangkat digital set top box (STP)  agar siaran digital bisa diterima.

“Dari 112 wilayah layanan menjadi target 90 diantaranya 80,63% telah memiliki infrastruktur multifleksing, masyarakat di daerah sudah bisa menikmati siaran digital simulcast,” ujarnya.

Sumber :  CNBC INDONESIA | Photo : Dok CNBC | Editor: (Ek)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Sudah Berkomentar Sopan

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda