<data:blog.pageTitle/>

This Page

has moved to a new address:

https://medialiterasi.id

Sorry for the inconvenienceā€¦

Redirection provided by Blogger to WordPress Migration Service
Media Literasi: Empat Kompetensi yang Harus Dimiliki oleh Dosen di Era Digital

29 Okt 2021

Empat Kompetensi yang Harus Dimiliki oleh Dosen di Era Digital

Sebagai seorang tenaga pengajar masa kini tentunya perlu suatu adaptasi yang bisa menyesuaikan dengan keadaan sekarang. Metode pengajaran zaman dahulu tentu tidak selamanya bisa diterapkan pada mahasiswa sekarang.


Hal ini tidak lain karena perkembangan teknologi yang semakin pesat dan juga anak didik yang terkadang juga ahli dalam teknologi ini. Hal semacam ini tentu perlu tambahan kompetensi yang wajib dikuasai oleh setiap Dosen.


Dengan tambahan kompetensi masa kini maka dosen akan dapat mengajarkan metode terbaik pada siswa-siswanya. Untuk memiliki kompetensi tersebut barangkali Bapak/Ibu dosen perlu memberdayakan diri baik dengan mengikuti pelatihan - pelatihan / webinar.


Berikut ini adalah kompetensi yang harus dimiliki dosen saat ini : 


1. Inovatif

Sebagai tenaga pengajar di zaman sekarang maka dituntut untuk selalu inovatif dalam mengajarkan peserta didiknya/mahasiswanya. Bentuk inovasi ini menjadi sangat penting karena agar mampu memberikan pemahaman yang lebih kepada para mahasiswa.


Untuk bisa inovatif seperti ini tentu tidak cukup berdiam diri tanpa melakukan kegiatan apapun. Untuk itu, Anda harus selalu aktif mengikuti pelatihan-pelatihan yang sifatnya berbayar atau gratis secara online agar tidak menyita waktu.


2. Paham Teknologi

Sebagai seorang dosen Anda juga tidak boleh terlepas dari yang namanya teknologi untuk menunjang proses belajar-mengajar. Jika Anda mengabaikan ini tentu metode pengajarannya tidak berkembang dan cenderung monoton seperti zaman dahulu.


Bentuk perubahan dalam teknologi ini bisa terlihat ketika dosen mengajarkan kepada anak menggunakan slide Powerpoint/ppt. Untuk bisa membuat slide/ppt yang bagus, misalnya, Anda harus belajar bagaimana cara membuat slide yang atraktif dan mampu memberi pemahaman yang lebih pada mahasiswa.

 

3. Etika di Sosial Media

Dosen bukan hanya sebagai pendidik tetapi juga harus mampu menjadi suri tauladan yang baik untuk mahasiswanya. Hal itu bisa dilakukan melalui sosial media dengan tidak menggunakan kata-kata kasar, kotor dan kata-kata buruk lainnya.


Seharusnya sebagai seorang dosen harus bisa memanfaatkan media sosial ini untuk bisa memberikan informasi yang baik serta mampu mendatangkan manfaat.


4. Cerdas

Karena perkembangan teknologi yang semakin berkembangan dan kian meningkat maka dosenpun juga dituntut untuk menyesuaikan dengan kondisi tersebut. Selain itu, dosen tetap dan harus mengasah otaknya agar bisa lebih cerdas.


Dosen yang cerdas tentu akan mampu membawa perubahan yang terbaik pada mahasiswanya dalam memahami materi kuliah. Sebab, dosen cerdas umumnya akan mampu memberikan pemahaman yang lebih baik dan luas kepada mahasiswa.


Jadi di era teknologi ini seorang dosen harus paham teknologi yang nantinya perlu diterapkan dalam proses belajar-mengajar. Bentuk tersebut bisa berupa keterampilan pembuatan slide Power Point dan lain sebagainya.


Penulis : Juni Ahyar, S.Pd., M.Pd., CPTNA., CPSP., CPBA, Dosen Unimal dan IAIN Lhokseumawe dan Narasumber di Program Literasi Digital Aceh Utara #IndonesiaCakapDigital.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Sudah Berkomentar Sopan

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda