<data:blog.pageTitle/>

This Page

has moved to a new address:

https://medialiterasi.id

Sorry for the inconvenience…

Redirection provided by Blogger to WordPress Migration Service
Media Literasi: Oktober 2021

31 Okt 2021

Trend Baju Gamis Islami Kekinian

Pengertian dan Definisi Gamis

Menurut KKBI (Kamus Bahasa Besar Indonesia) Gamis adalah kemeja yang merujuk pada pakaian panjang ala Pakistan yaitu Baju yang panjangnya sampai ke paha atau lebih bawah sedikit

 

Sedangkan asal kata gamis berasal adalah “qomish’ dari bahasa Arab. Adapun maksud dari kata ini adalah  pakaian terusan dari atas tubuh sampai di bagian mata kaki. Qomis selanjutnya diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi gamis”.

 

Berbagai macam fashion makin berkembang dari waktu ke waktu. Termasuk model pakaian, yang salah satunya adalah gamis.

 

Gamis menjadi model pakaian yang banyak digemari, karena membuat penampilan muslimah menjadi makin anggun. Memakai gamis juga membuat penampilan wanita lebih tertutup sempurna tanpa memperlihatkan bentuk tubuh karena bentuknya yang panjang sekaligus longgar. Model baju gamis yang modern dan kekinian juga sangat banyak beredar di pasaran. Banyak sekali toko fashion baik online maupun offline yang menyediakan beragam bentuk.

 

Mode baju gamis kekinian makin macam-macam lho, bahkan model-model tersebut didesain sesuai dengan kebutuhan kita. Dari model kasual hingga untuk pesta, semua ada.

 

Nah, seringkali ketika memakai gamis, kamu malah jadi kurang pede karena tubuh kamu terlalu kurus, atau malah terlalu gemuk. Bahkan, banyak lho yang nggak suka memakai gamis karena terlihat seperti ibu-ibu.

 

Untuk lebih mudah memilih model baju gamis modern, berikut ini bisa kamu simak rekomendasi dari Nisa Fashionshop :Hubungi FB Resmi Reseler Nisa Fashionshoop


Rekomendasi Model Baju Gamis Modern dan Kekinian 2021


1. Gamis model A-line dengan bagian atas dan samping bermotif untuk tampil modis




Model baju gamis yang satu ini bisa kamu pakai sehari-hari. Modelnya elegan abis dengan motif kombinasi yang terdapat di bagian atas dan samping. Sementara bagian lengan dan tengah gamis di kombinasikan dengan warna hitam polos. Gamis modern ini cocok abis untuk kamu kenakan di acara pesta maupun acara formal lainnya. Padukan saja dengan heels dan hijab pasmina polos yang warnanya senada. Dijamin penampilanmu bakalan lebih anggun deh.


2. Gamis motif stripes untuk tampil edgy/Langsing




Masih ada nih Girls pilihan baju gamis kekinian dan modern untuk kamu jadikan ide tampil stylish sehari-hari. Model gamis motif stripes ini nggak kalah keren untuk kamu pakai. Selain effortless banget karena hanya satu piece pakaian, gamis ini juga membuat penampilanmu lebih edgy. Kamu tinggal memadukannya dengan hijab yang warnanya senada. Jangan lupa pakai hand bag warna hitam agar match dengan gamismu, ya. Look ini bisa banget kamu terapkan untuk tampil keren saat ngampus, kerja, atau hangout.


3 . Model baju gamis  dengan motif kotak-kotak yang elegan




Untuk tampil kasual di berbagai acara resmi, model baju gamis kemeja memang selalu cocok dan effortless. Termasuk untuk model yang satu ini. Warnanya memadukan motif kotak kotak kombinasi warna polos. Sementara di bagian pinggang ada aksen tali yang membuatnya makin modis. Padukan saja dengan hijab polos warna soft dan heels warna yang netral agar penampilanmu makin memukau.

 

4.   4. Gamis model bell sleeves untuk pesta




Untuk acara pesta, model baju gamis yang kekinian ini bisa banget kamu jadikan referensi, Girls. Model lengan berbentuk bell  membuatnya tampak elegan dan mewah. Motifnya nggak terlalu ramai, jadi bikin kamu pede dan nggak terlihat tua deh. Cocok juga nih dipakai untuk kamu yang memiliki tubuh berisi. Lengannya yang lebar nggak akan membuat tangan kamu tampak besar. Selain itu, juga ada kombinasi ruffle  bermotif di bagian bawah yang membuat gamis ini semakin cantik.


5.   5. Gamis modern bermotif mewah untuk tampil lebih cantik dan kekinian




Masih ada lho baju gamis modern yang modelnya memiliki sentuhan mewah. Gamis yang satu ini memiliki motif cantik dari bagian atas hingga bagian bawah. Kemudian bagian atasnya di desain dengan ruffle renda. Gamis yang satu ini cocok abis digunakan untuk kondangan, lebaran, hajatan, dan berbagai acara pesta lainnya.


Resouce : Berbagai Sumber | Photo : Reseler Terpercaya

Label:

Ketika Mata Dibiasakan Melihat Yang Haram Maka Yang Halal Akan Hilang Lezatnya

Banyak yang merasa setelah melahirkan jadi berubah lebih jelek, atau gak seseksi jaman masih gadis. Terus suaminya jadi lebih cuek atau bahkan ada yang selingkuh. Kalo ditanya pasti menyalahkan istrinya.

Salah sendiri jadi gendut !!!...Salah sendiri jadi jelek dan tidak menarik….Salah sendiri jadi bla...bla...bla…

Akhirnya banyak ibu-ibu berandai-andai, ingin jadi cantik bin seksi. Punya wajah kaya model sampul majalah. Memiliki aset belakang mirip artis terkenal yang di asuransikan.

Apapun dilakuin. Mungkin bagi suaminya yang memiliki kemudahan rejeki dan royal sama istrinya. Bakalan rajin diajak ke klinik kecantikan mahal, doyan nge Gym untuk menjaga penapilan, beli perlengkapan tempur mahal, sekelas channel, bobbi brown dengan alasan pasti beda lah bedak yang harganya  jutaan dengan ratusan ribuan, hahaha…

Kalau yang tidak mengetahui halal haram, sudah ikutan operasi plastik demi membentuk wajah sesuai harapan. Bahkan rela menghabiskan Budget Milyaran untuk melakukan operasi plastik (Oplas) demi suami senang, agar sang suami setia…

Lha, apakah benar hal itu?...  Kalo istrinya cantik dan seksi apa suami setia ?...Ternyata salah sodara-sodara!!!

Kesetiaan itu bukan ada pada kecantikan dan keseksian istrinya, tapi pada mata, akal dan hati suaminya. Secakep-cakepnya istri, kalo suami doyan larak lirik kesana kemari tetap aja jadi ngebosenin. Misal nih, sang istri secantik bintang film korea, tetep aja sang suami yang gak punya iman, lebih suka bintang film india.

Punya istri meski secantik artis hollywood, tidak menjamin Sang Suami setia, tetap lirik sana dan lirik sini.

Kalo mata tidak dijaga, mau secantik apa istrinya, tetap bakalan membosankan. Suami yang sudah  beristrikan 4 saja kalo gak punya iman, tetap aja masih kurang.

Banyak cerita disekitar kita, istri super cakap, seksi, pintar, masih saja selingkuh dibelakang istrinya yang sah,,,, memang kalo tidak di umpetin namanya main petak umpat, hehehe,,, selingkuhannya pun juga gak mesti lebih cakep dari istrinya, alasan nya  “katanya sih udah bosen makan steak daging, pingin nyobain telor asin hehehe...

Jadi, kalau ada suami yang komplain bosan sama istri, penyelesaiannya cuma 3 :

1. Modalin istrinya buat dipermak secantik mungkin sesuai seleranya, ajak ngobrol istri, kasih tau apa yang disuka dan di benci suami. Jangan cuma nuntut doang tapi gak ada tindakan nyata, itu egois namanya.

2. Jaga matanya, Jangan dibiasain melihat yang haram, perbanyak  istighfar dan kalo perlu di ruqyah kan matanya  agar syaitan yang menyukai hubusyahwat pun pergi dan ingatkan kembali satu ayat  dalam  QS. Ali Imran [3]: 14

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوٰتِ مِنَ النِّسَاءِ وَالْبَنِيْنَ وَالْقَنَاطِيْرِ الْمُقَنْطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَالْاَنْعَامِ وَالْحَرْثِ ۗ ذٰلِكَ مَتَاعُ الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا ۗوَاللّٰهُ عِنْدَهٗ حُسْنُ الْمَاٰبِ

“Dijadikan indah bagi manusia kecintaan kepada aneka syahwat, yaitu wanita-wanita, anak-anak lelaki, harta yang tidak terbikang lagi berlipat ganda dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang ternak, dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik.”

Karena biasanya bila matanya terjaga maka akal dan hatinya juga terjaga. Sama kaya kabel konslet yang bikin kebakaran karena arus listrik, kalo gak ada arus listrik ya gak bakalan terjadi konsleting listrik.

3. Perbanyak bersyukur, semakin banyak syukur maka akan ditambah nikmatmu. Banyak loh yang saya temui, lelaki-lelaki setia diluar sana, yang punya istri biasa-biasa saja tapi sang suami tetap sayang dan setia terhadap istrinya. Keliatan bahagia gitu.

Meski diberi kelebihan harta, tapi gak bikin suami-suami ahli surga itu tebar pesona.

Nah, kalo sudah melakukan 3 hal itu, dijamin deh (dg izin Allah) tidak ada lagi suami yang bosan dengan istrinya dan tidak ada lagi alasan selingkuh karena istri kurang cantik dan seksi.

Buat yang hobi larak lirik, tiatii yaa… Apalagi yang selingkuh, terus sampai cerai, dan lebih milih bersama selingkuhannya. ALLAH gak tidur. Suatu saat apa yang kita perbuat akan ada Pertanggung jawabannya, entah itu dibalas didunia atau diakhirat.

Mending tobat buru-buru deh… Selingkuh itu cuma nikmat sesaat. Pas udah jadi istri, sama aja rasanya. Soalnya setan yg mojok-mojokin buat selingkuh udah kabur, karena udah halal. Jangan sampai menyesal, melepas istri yang dulu hanya demi selingkuhan. Jangan sampai mata dibiasakan melihat yang haram maka yang halal akan kehilangan lezatnya.

Inspired :  FB Margaretha Theodora | Writer : Nisa

Label:

Runner Literasi Digital Kota Tanjungbalai Mengucapkan Terimakasih Kepada Pemerintah Kota Tanjungbalai

Tanjungbalai - Plt Wali Kota Tanjungbalai, H.Waris Thalib didampingi Kadis Kominfo Walman Riadi P Girsang menerima kunjungan audiensi Runner Literasi Digital Nasional Kota Tanjungbalai Ilham Fauzi bersama rombongan di ruang kerja Wakil Wali Kota, Kamis (23/9/2021) 

Pertemuan tersebut terkait penyelenggaraan kegiatan webinar literasi digital yang diselenggarakan oleh Direktorat Pemberdayaan Informatika, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, di Kota Tanjungbalai

Saya selaku Runner Literasi Digital Nasional Kota Tanjungbalai mengucapkan terimakasih Kepada Pemerintah Kota Tanjungbalai khususnya Bapak Plt Wali Kota Tanjungbalai atas partisipasi dan bantuan pada pelaksanaan Webinar literasi Digital Kota Tanjungbalai yang SUKSES dan melebihi target yang ditetapkan yakni mencapai 6.550 Partisipan selama bulan Mei hingga Desember sesuai yang ditetapkan oleh Kementrian Kominfo se Nasional di 34 Propinsi dan 415 Kab/Kota se Indonesia dimana pelaksanaannya bisa berjalan dalam waktu yang lebih cepat dari target seyogianya hingga akhir bulan Desember mendatang. Ini berkat Kerjasama Tim Literasi Digital Kota Tanjungbalai dan seluruh pihak penyelenggara, jelasnya

Saya juga sebelumnya mengucapkan terimakasih kepada tim yang telah bekerja keras dan solid bersama Pemerintah Daerah Kota Tanjungbalai, Cabang Dinas Pendidikan Sumut Kota Tanjungbalai, Kantor Kemenag Tanjungbalai, serta seluruh Pihak yang membatu hingga kegiatan tersebut sukses dan lancar, ungkap Ilham Fauzi

Menanggapi hal tersebut, Plt Wali Kota Tanjungbalai Waris Thalib  menyambut baik serta mengapresiasi diadakannya kegiatan literasi digital di Kota Tanjungbalai. Oleh karena itu, diperlukan adanya keterpaduan diantara semua pihak terkait. 

Apalagi dari apa yang disampaikan oleh Runner Literasi Digital Nasional Kota Tanjungbalai pelaksanaannya SUKSES dan mencapai target, ini adalah kebanggaan buat kita bersama, Ujar Waris.

Lanjut Waris, sebagus apapun sebuah program, tentunya harus ada cara-cara penyampaian yang tepat agar mudah diterima oleh masyarakat. 

"Pemkot Tanjungbalai mengharapkan adanya kebersamaan dan keterpaduan. Dan, kami ingin program apapun yang ada di Kota Tanjungbalai ini harus berjalan maksimal dan mencapai target", sebutnya

Terkait kegiatan literasi digital nasional di Kota Tanjungbalai yang mana bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif, sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif-nya untuk mengidentifikasi hoaks serta mencegah terpapar dampak negatif penggunaan internet.

"Selain itu, saya berharap agar kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan terutama bagi kaum milineal sebagai generasi penerus bangsa", pungkas Plt Wali Kota Waris Thalib

Acara diakhiri dengan pemberian piagam dan bingkisan dari Runner Literasi Digital Nasional Kota Tanjungbalai kepada Plt Wali Kota Waris Thalib.

Hadir juga dalam pertemuan tersebut Laison Officer Imam Azhari SP dan Firdaus Sambas serta Admin Julio Chaisar


Resource: | Photo :  Halaman Resmi FB Pemko Tanjung Balai

Label:

Bersama Warganya, Babinsa Koramil Simpang Kramat Bantu Petani Menyemprot Padi di Sawah.

Aceh Utara - Babinsa Koramil 17/Spk Kodim 0103/Aut, Serda Hendra Hasibuan bantu Petani melaksanakan kegiatan penyemprotan hama padi milik warga binaannya Taslim di desa meunasah mancang Kecamatan Simpang Keramat, Kabupaten Aceh Utara minggu, (31-10-2021).
 
Dalam kesempatan tersebut Serda Hendra menyampaikan bahwa Penyemprotan ini bertujuan untuk memberikan kesuburan terhadap tanaman padi dan untuk sebagai langkah menanggulangi serangan hama terhadap tanaman Padi bisa berjalan dengan efektif.
 
Ketua Kelompok Tani,"Maju jaya" Sayuti mengatakan bahwa sangat berterima kasih kepada  para Babinsa yang terjun langsung kelapangan dan melaksanakan penyemprotan hama padi, "sehingga memberi motivasi kepada kami dalam mengarap sawah lebih bersemangat dan panen tahun ini lebih bagus," katanya.

Dalam kesempatan yang berbeda Komandan Kodim 0103/Aceh Utara Letkol Arm Oke Kistiyanto S.A.P melalui Danramil 17/Spk Kapten Inf Abdullah menyampaikan bahwa Apa yang dilaksanakan Babinsa Jajaran Kodim 0103/Aut melaksanakan pendampingan ketahanan pangan kepada para petani adalah salah satu bentuk Kepedulian terhadap warga binaannya.

Lanjutnya para Babinsa juga selain melaksanakan penyemprotan ia juga ikut serta mendukung para petani mulai dari proses pengolahan lahan, tanam, perawatan sampai dengan panen, dengan harapan Agar waktu panen kelak para petani bisa mendapatkan hasil yang malsimal. "Pungkasnya".


Reporter : (Jf) | Photo : (Ist)

Label:

Saham Lucid Meroket Akibat Meluncurkan Sedan Listrik

Amerika Serikat - Pendiri Lucid Group Inc (LCID.O) Amerika Serikat mengatakan pada hari Selasa besok (2/11/2021) mereka akan memulai mengirimkan sedan listrik mewah dengan jarak tempuh mengalahkan Tesla pada akhir Oktober pada tangga (30/10/2021) kemarin, hal ini merupakan tantangan besar bagi penjual menjual mobil mewah lainnya dan tentunya akan mengalami penurunan penjualan yang tajam.

Perusahaan Lucid yang berbasis di California mulai memproduksi kembali mobil merek Lucid Air yang sudah lama tertunda produksinya di perusahaan yg d Arizona.  pada hari Selasa lusa ia mengatakan pihaknya berencana akan meningkatkan jumlah pengeluarannya hingga 90.000 mobil per tahun selama dua tahun ke depan.


Perusahaan mengatakan telah menerima lebih dari 13.000 pemesanan untuk model Lucid Air, sehingga perlu menambahkan jumlah total produksi Lucid Air Dream Edition menjadi 520 kendaraan.


Kendaraan Lucid Versi Air Dream Edition, dibandrol dengan harga $169,000, dan mendapatkan rekor resmi dari pemerintah AS untuk jarak mengemudi 520 mil (837 km), hal ini melebih 100 mil bedanya dengan saingan terdekatnya Tesla S, yang dibandrol senilai $89,990. Dengan harga  yang lebih tinggi sehinga membantu peningkatan 23% saham Lucid bulan ini.


Selaku pimpinan perusahaan Peter Rawlinson, yang juga merupakan mantan teknisi Tesla Model S dulu, mengatakan mobil perusahaannya memiliki keunggulan dalam teknologi baterai dan biaya dibandingkan kendaraan Tesla Model S.


"Kami telah menumpangi pelanggan yang merasa takut dan cemasan terhadap kendala dalam berpergian jarak jauh ," katanya. "Kendala besar berikutnya adalah harga mobil mobil listrik yang Mahal. Kami harus menurunkan biaya."katanya.


Kemudian Peter Rawlinson mengatakan Air Pure, versi paling murah dengan harga $77.400, akan mulai diproduksi akhir tahun depan, tutupnya.


Resouce : CASA GRANDE, Ariz. (Reuters) | Translator : (Ek)

 



Label:

Sampah Organik dan Non-Organik

Photo Ilustrated Google
Sampah organik dan non-organik merupakan dua jenis sampah yang berasal dari sumber berbeda. Sampah organik bersumber dari organisme hidup, sementara sampah anorganik dari benda mati.

Sampah organik dan non-organik merupakan dua jenis sampah yang berasal dari sumber berbeda sehingga keduanya memiliki cara pengolahan yang juga berbeda. 
Sampah organik adalah jenis sampah yang mudah terurai, sedangkan sampah non-organik atau anorganik sangat sulit terurai, bahkan ada beberapa jenis yang membutuhkan waktu hingga 500 tahun untuk terurai sepenuhnya.
Memisahkan dan mengelola sampah organik dan non-organik perlu dilakukan. Hal ini juga dapat berpengaruh dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Perbedaan sampah organik dan non-organik

Untuk dapat memisahkan sampah organik dan non-organik, tentu Anda harus dapat membedakan keduanya. Berikut ini adalah perbedaan dari sampah organik dan non-organik yang harus Anda ketahui.

1. Perbedaan sumber

Sampah organik dan non-organik memiliki sumber yang berbeda. Sampah organik dihasilkan oleh organisme hidup. Sebaliknya, sampah non-organik merupakan produk dari organisme tidak hidup dan merupakan hasil dari campur tangan manusia.

2. Perbedaan kandungan

Sampah organik memiliki kandungan karbon dan ikatan hidrogen. Sampah organik juga terdiri dari organisme hidup atau pernah hidup dan memiliki komposisi yang lebih kompleks dari sampah non-organik.
Di sisi lain, sampah non-organik tidak mengandung karbon sama sekali. Sampah ini terdiri dari materi yang tidak hidup dan memiliki karakteristik seperti bahan mineral.

3. Perbedaan ketahanan panas

Sampah organik dapat terdampak dan terbakar secara alami saat terkena panas. Lain halnya dengan sampah non-organik yang tidak dapat terbakar secara alami.

4. Perbedaan reaksi

Penelitian menunjukkan bahwa sampah atau limbah reaksi memiliki laju reaksi lebih lambat dan tidak dapat membentuk garam. Sebaliknya, sampah non-organik memiliki laju reaksi lebih cepat dan mudah membentuk garam.
Contoh-contoh sampah organik dan non-organik adalah sebagai berikut:

1. Contoh sampah organik

  • Sisa masakan
  • Buah-buahan yang membusuk (termasuk kulitnya)
  • Karton
  • Kertas.

2. Contoh sampah anorganik

  • Kaleng aluminium
  • Styrofom
  • Kertas kaca
  • Logam (sendok, peralatan masak, hiasan, dll.)
  • Kemasan plastik
  • Kaca
  • Keramik.

Pengelolaan sampah organik dan non-organik

Perbedaan karakteristik antara sampah organik dan non-organik membuat keduanya juga memerlukan cara pengelolaan yang berbeda.

1. Cara mengelola sampah organik

Cara mengelola sampah organik relatif mudah karena dapat terurai secara hayati. Selain dibuang melalui tempat pembuangan akhir (TPA) atau didaur ulang, sampah organik juga dapat dibakar. Namun, cara pembakaran karena dapat menghasilkan asap beracun.
Cara terbaik untuk mengelola sampah organik adalah dengan mendaur ulang, seperti:
  • Sampah karton, dus, dan produk kertas lainnya digunakan kembali atau dijadikan bahan baku kertas.
  • Sisa makanan dapat digunakan sebagai makanan hewan.
  • Sampah organik juga dapat diolah menjadi pupuk kompos.
  • Selain itu, sampah organik juga dapat dikelola untuk produksi biogas.
Cara-cara di atas juga dapat menjaga lingkungan menjadi lebih bersih dan aman.

2. Cara mengelola sampah non-organik

Untuk mengelola sampah non-organik, Anda tidak disarankan membuangnya sembarangan, membakar, atau menguburnya di tanah. Cara-cara tersebut hanya akan mencemari lingkungan. Beberapa cara mengelola sampah non-organik yang lebih ramah lingkungan adalah:
  • Seleksi sampah yang dapat digunakan kembali. Misalnya, toples bekas selai dapat dijadikan tempat pensil atau penyimpanan bahan makanan lain.
  • Pisahkan sampah non-organik berdasarkan jenisnya dan salurkan atau buang melalui: pemulung atau Bank Sampah yang tersedia.
  • Sampah non-organik seperti kaca, fiberglass, plastik, ban, dan komponen aluminium dapat dibawa ke pabrik produksinya masing-masing untuk diolah kembali menjadi produk baru.

Dengan cara-cara mengelola sampah organik dan non-organik tersebut, pencemaran lingkungan karena limbah sampah dapat berkurang. Hasilnya, lingkungan menjadi lebih bersih, sehat, dan terbebas dari berbagai penyakit terkait sampah.
Lebih jauh lagi, sampah-sampah tersebut juga dapat berguna untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat jika dikelola dengan benar.
Resouce : Bacaan Berbagai Sumber | Photo : Ilustrated  From Google | Editor : (Ek)

Label:

30 Okt 2021

Cara Gampang Agar Makanan Tidak Terbuang Sia - Sia

Apakah Sahabar Literasi.id sudah mengetahui cara gampang agar makanan tidak terbuang sia - sia atau suka jajan dan berksperimen resep masakan?... Kalau iya, pastinya tiap konsumsi makanan ada aja sisanya dan ujung-ujung ujung nya jadi terbuang percuma. Tenang, meski hal ini memang sering tidak bisa dihindari, tapi kita bisa menyiasatinya. 

Pertama, Kamu harus sadar dulu bahwa sampah itu bentuknya bisa berupa apapun, mulai dari nasi yang gak habis sampai sayur yang udah gak segar di dalam di kulkas. 

Kita perlu memahami dengan jenis-jenis sampah supaya bisa memilih dan memilah sampahnya. Ada 3 jenis  kategori sampah, Pertama Organik, Kedua Non Organik dan Ketiga Bahan Beracun dan Berbahaya (B3).



Disesi ini kita bahas sampah yang Organik agar mengurangi sampah makanan sehari-hari. Penasaran gimana caranya?...Cek tips berikut yuks... supaya makanan di rumah tidak terbuang cuma - cuma.

Langkah 1: Membuat daftar bahan belanjaan, karena dengan adanya daftar belanjaan yang dibutuhkan, maka akan menghindari membeli bahan berlebihan. Sekaligus menghindari ruang penyimpanan kulkas yang berlebihan. Tentu kita semua tidak menginginkan bahan makanan yang sudah tidak segar dikonsumsi.

Langkah 2 : Setelah belanja, bersihkan lalu dipisahkan menjadi beberapa bagian. Nah tips ini supaya kita bisa jaga kebersihan dan kesegaran. Selalu mencuci bahan belanjaan dan memindahkan dari kemasannya yang biasanya dibungkus dengan plastik ataupun koran.

Langkah 3 : Memilahkan bahan makanan sesuai kebutuhan sebelum menyimpan di kulkas.  Dengan begini bahan makanan atau sayuran terpisahkan satu sama lain, selalin kulkas rapi, sahabat Literasi.id juga mengetahui stok makanan yang mana duluan harus di masak sehingga tidak banyak makanan yang terbuang.

Dengan 3 tips di atas kita bisa checklist hal berikut dibawah ini. 

​​✅ Lebih hemat
✅ Gak buang makanan
✅ Gak bolak balik pergi 
✅ Masak jadi gampang

Terimakasi Sudah Membaca dan Selamat di Aplikasikan Ya Sahabat!...

Resouce :  Dari Beragam Sumber | Penulis : (Ek)
 

Label:

Danramil Tanah Luas Melakukan KOMSOS di Pasar Tradisional

Aceh Utara - Dalam rangka Membantu pemerintah dalam pencegahan dan penyebaran wabah Covid-19, anggota Koramil 10/Tnl Kodim 0103/Aceh Utara, Sertu Amrizal langsung turun ke pasar tradisional melaksanakan Himbauan Sosialisasi Protokol Kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di pasar Kec.Tanah Luas, Sabtu, (30/10/21).

Sosialisasi tentang pentingnya mematuhi Protokol Kesehatan agar masyarakat yang berkunjung ke pasar tradisional mengunkan masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, ujar Kapten Mayor Inf Mukhlis Syam Danramil 10/Tnl.

"upaya Komsos dilakukan sebagai langkah penegakan disiplin Prokes di wilayahnya, agar masyarakat Tanah Luas selalu mematuhi Prokes guna mencegah dan memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19". tutupnya.


Reporter : (Jf) | Photo : (Ist) | Editor : (Ek)

Label:

29 Okt 2021

Empat Kompetensi yang Harus Dimiliki oleh Dosen di Era Digital

Sebagai seorang tenaga pengajar masa kini tentunya perlu suatu adaptasi yang bisa menyesuaikan dengan keadaan sekarang. Metode pengajaran zaman dahulu tentu tidak selamanya bisa diterapkan pada mahasiswa sekarang.


Hal ini tidak lain karena perkembangan teknologi yang semakin pesat dan juga anak didik yang terkadang juga ahli dalam teknologi ini. Hal semacam ini tentu perlu tambahan kompetensi yang wajib dikuasai oleh setiap Dosen.


Dengan tambahan kompetensi masa kini maka dosen akan dapat mengajarkan metode terbaik pada siswa-siswanya. Untuk memiliki kompetensi tersebut barangkali Bapak/Ibu dosen perlu memberdayakan diri baik dengan mengikuti pelatihan - pelatihan / webinar.


Berikut ini adalah kompetensi yang harus dimiliki dosen saat ini : 


1. Inovatif

Sebagai tenaga pengajar di zaman sekarang maka dituntut untuk selalu inovatif dalam mengajarkan peserta didiknya/mahasiswanya. Bentuk inovasi ini menjadi sangat penting karena agar mampu memberikan pemahaman yang lebih kepada para mahasiswa.


Untuk bisa inovatif seperti ini tentu tidak cukup berdiam diri tanpa melakukan kegiatan apapun. Untuk itu, Anda harus selalu aktif mengikuti pelatihan-pelatihan yang sifatnya berbayar atau gratis secara online agar tidak menyita waktu.


2. Paham Teknologi

Sebagai seorang dosen Anda juga tidak boleh terlepas dari yang namanya teknologi untuk menunjang proses belajar-mengajar. Jika Anda mengabaikan ini tentu metode pengajarannya tidak berkembang dan cenderung monoton seperti zaman dahulu.


Bentuk perubahan dalam teknologi ini bisa terlihat ketika dosen mengajarkan kepada anak menggunakan slide Powerpoint/ppt. Untuk bisa membuat slide/ppt yang bagus, misalnya, Anda harus belajar bagaimana cara membuat slide yang atraktif dan mampu memberi pemahaman yang lebih pada mahasiswa.

 

3. Etika di Sosial Media

Dosen bukan hanya sebagai pendidik tetapi juga harus mampu menjadi suri tauladan yang baik untuk mahasiswanya. Hal itu bisa dilakukan melalui sosial media dengan tidak menggunakan kata-kata kasar, kotor dan kata-kata buruk lainnya.


Seharusnya sebagai seorang dosen harus bisa memanfaatkan media sosial ini untuk bisa memberikan informasi yang baik serta mampu mendatangkan manfaat.


4. Cerdas

Karena perkembangan teknologi yang semakin berkembangan dan kian meningkat maka dosenpun juga dituntut untuk menyesuaikan dengan kondisi tersebut. Selain itu, dosen tetap dan harus mengasah otaknya agar bisa lebih cerdas.


Dosen yang cerdas tentu akan mampu membawa perubahan yang terbaik pada mahasiswanya dalam memahami materi kuliah. Sebab, dosen cerdas umumnya akan mampu memberikan pemahaman yang lebih baik dan luas kepada mahasiswa.


Jadi di era teknologi ini seorang dosen harus paham teknologi yang nantinya perlu diterapkan dalam proses belajar-mengajar. Bentuk tersebut bisa berupa keterampilan pembuatan slide Power Point dan lain sebagainya.


Penulis : Juni Ahyar, S.Pd., M.Pd., CPTNA., CPSP., CPBA, Dosen Unimal dan IAIN Lhokseumawe dan Narasumber di Program Literasi Digital Aceh Utara #IndonesiaCakapDigital.

Label:

UPTD Balai Tekkomdik Gelar Workshop Penyusunan Media Pembelajaran Berbasis Digital

Banda Aceh - Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)  merupakan perihal yang tidak bisa dipisahkan dalam proses pendidikan saat ini dan memiliki pengaruh besar  dalam upaya mendukung pemerataan terhadap peningkatan mutu pendidikan di Aceh.


Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs. Alhudri, MM melalui Kepala Bidang Pembinaan SMA dan PKLK, Hamdani, S.Pd, M.Pd saat membuka workshop penyusunan media pembelajaran berbasis digital yang diadakan oleh UPTD Balai Tekkomdik Aceh, Kamis (28/10/2021) di Banda Aceh.


“Pembelajaran pada saat ini telah berlangsung secara daring dan luring, Pemamfaatan TIK pada satuan pendidikan menjadi sebuah keharusan agar pembelajaran dapat terus berjalan secara maksimal,” tuturnya.


Hamdani menambahkan penggunaan teknologi digital di dalam dunia pendidikan tercermin pada perubahan model pembelajaran, yaitu semakin tumbuhnya pendidikan jarak jauh dengan berbagai macam aplikasi dan alat yang digunakan.


“Dimana guru dan siswa tidak perlu berada di tempat yang sama dan semakin banyak pilihan sumber belajar yang tersedia, seperti buku elektronik atau e-book serta aplikasi digital lainnya seperti e-library, e-forum, e-journal dan sebagainya,” ungkapnya.


Dengan memanfaatkan TIK, sambungnya, materi pembelajaran dapat dengan mudah diakses melalui media elektronik. Munculnya teknologi digital sebagai salah satu media elektronik telah membentuk paradigma baru dalam proses belajar mengajar dan pengelolaan organisasi pendidikan.


“Menyikapi hal ini, Dinas Pendidikan Aceh melaluu UPTD Balai Tekkomdik telah menyusun sebuah portal media pembelajaran berbasis digital yang dinamakan Sijempol Aceh atau Sistem Jejaring Media Pembelajaran Online Aceh,” terangnya.


Sementara Kepala UPTD Balai Tekkomdik Aceh, T. Fariyal, S.Sos, MM menjelaskan aplikasi Sijempol Aceh awalnya diadopsi dari aplikasi Rumah Belajar yang dicetus oleh Pusdatin-Kemendikbud Ristek.


“Namun, dalam perjalanannya memiliki kendala yang dihadapi pengguna aplikasi, sehingga Tim SIAT Diskominsa Aceh merekomendasikan UPTD Balai Tekkomdik untuk menyusun portal media pembelajaran sendiri sesuai kearifan lokal,” ucapnya.


Dijelaskan Fariyal, bahwa portal media pembelajaran digital yang sedang disusun dan dikembangkan pihaknya terdiri dari beberapa fitur, antara lain aplikasi kelas maya, aplikasi e-talenta, aplikasi radio streaming pendidikan, aplikasi video streaming pendidikan, dan aplikasi manajemen laboratorium computer Tekkomdik (Guru Cerdas).


“Sehubungan dengan hasil rekomendasi dari Diskominsa Aceh, dalam pembuatan sebuah aplikasi harus didukung oleh landasan hukum yaitu Peraturan Gubernur Aceh dan kebijakan konkrit untuk mendukung aplikasi Sijempol Aceh,” ujarnya.


Diharapkannya, melalui workshop ini dapat merumuskan draft peraturan gubernur serta panduan petunjuk teknis tentang Sijempol Aceh. Pada tahun 2022, Dinas Pendidikan Aceh melalui UPTD Balai Tekkomdik juga akan membuat dua aplikasi lagi, yaitu aplikasi tryout UTBK dan aplikasi tryout Asesmen Nasional (AN).


Sumber : ACEHSIANA.COM | Reporter : (AN) | Photo : (Dm)  Editor : (Ek)

Label:

Komando Distrik Militer (Kodim) 0103/Aceh Utara, Tanam 2000 Pohon Mangrove.

Aceh Utara – Dalam rangka membantu program pemerintah melaksanakan Gerakan Penghijauan dan Kampanye Indonesia hijau berseri, bersih, sehat, rapi dan indah, Komando Distrik Militer (Kodim) 0103/Aceh Utara menggelar kegiatan peduli lingkungan hidup dengan menanam 2000 bibit pohon Mangrove, Kamis Sore, (29/10/2021).

Kegiatan yang mengusung tema “Bersinergi Dalam Menjaga dan Melestarikan Lingkungan” tersebut berlangsung di Desa Blang Naleung Mameh Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe.

Komandan Kodim 0103/Aceh Utara Letkol Arm Oke Kistiyanto S.A.P.,dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program yang dilaksanakan Kodim Aceh Utara dalam mendukung program pemerintah unuk mengurangi dampak pemanasan Global. Disamping itu, kegiatan ini juga untuk mendorong masyarakat supaya memelihara lingkungan hidup dengan menanam pohon.

“Program ini merupakan wujud kepedulian dan kesungguhan kita untuk ikut bersama-sama mewujudkan kehidupan yang adil dan makmur bagi rakyat tanpa harus menimbulkan kerusakan lingkungan,” terang Dandim.

Dandim 0103/Aceh Utaraberharap agar bibit pohon yang telah ditanam ini nantinya dapat dijaga dengan baik. Tanaman ini sangat bermanfaat bagi masyarakat yang berada di daerah dekat pantai, karena dapat mencegah abrasi dan tsunami serta peresapan air laut ke darat.

“Oleh Karena itu, upaya-upaya pelestarian hutan mangrove perlu terus digalakkan supaya mengurangi kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan di wilayah kita cintai ini,” ujarnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0103/Aceh Utara Letkol Arm Oke Kistiyanto. S.A.P.,Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto. S. Ik. MH,Kadis DKPPP Kota Lhokseumawe Muhammad Rizal, S. Sos, M. Si.Danramil 01/Muara Satu Kapten Inf Bahtera L Purba,Kapolsek muara satu Iptu Syahrizal, Camat muara satu Ilyas S.Sos.,Kepala SMA Modal Bangsa Arun diwakili Dani saputra Spd.Geucik Ds. Blang Naleung Mameh Muhammad Yusuf, Ketua HIPAKAD Kota Lhokseumawe Alfatha, SP, M.Si, Ketua FKPPI Kota Lhokseumawe Safriadi,para Mahasiswa Unimal Kota Lhokseumawe,dan Tamu undangan masyarakat lainnya.

Reporter : (Jf) | Editor : (Ek) | Photo : (Jf)

Label: